BUGAR DAN PRODUKTIF DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT

Kebugaran sebagai salah satu unsur produktivitas perlu terus ditingkatkan. Salah satu upaya peningkatan kebugaran tersebut dilakukan pengukuran kebugaran jasmani untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Direktorat Kesehatan Masyarakat. Kegiatan diselenggarakan di Lapangan Blok A Gedung Adhyatma setiap hari Jumat pada tanggal 19 Januari, 26 Januari, 18 Februari, dan 26 Februari 2016. Pengukuran kebugaran jasmani menggunakan Metode Rockport 1,6km. Pengukuran ini dikoordinir oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga bekerjasama dengan Poliklinik Kemenkes, Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ.

Sebelum pengukuran, peserta diwajibkan untuk mengisi Par-Q test (gambar 1) yang terdiri dari 7 pertanyaan untuk mengetahui apakah peserta tersebut layak mengikuti pengukuran kebugaran jasmani atau tidak. Peserta juga melakukan pemeriksaan tekanan darah, nadi, BB, kadar kolesterol dan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilakukan mulai dari 3 hari sebelum hari pelaksanaan pengukuran setiap minggunya.

Bagi peserta yang tergolong risti (risiko tinggi) disarankan melakukan konsultasi kepada Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga pada hari pelaksanaan setiap minggunya. Setelah dinyatakan layak mengikuti pengukuran, peserta akan diarahkan untuk mengikuti pemanasan dan peregangan.

Pengukuran kebugaran jasmani dengan Metode Rockport dilakukan dengan mencatat waktu tempuh yang diperlukan peserta mencapai jarak 1,6 km. Waktu tempuh yang dicapai dikonversi pada nilai prediksi VO2max sesuai usia dan jenis kelamin. Setiap peserta yang selesai menjalankan pengukuran diberi Kartu Menuju Bugar (gambar 2) yang berisi data hasil pengukuran dan saran yang perlu dijalankan untuk meningkatkan kebugaran.

Dengan adanya pemeriksaan kebugaran jasmani diharapkan para pegawai mengetahui tingkat kebugaran jasmani masing-masing dan berupaya untuk meningkatkannya melalui kegiatan senam Jumat dan memanfaatkan pusat kebugaran jasmani (fitness center) di Kementerian Kesehatan, melalui program latihan fisik yang baik, benar, teratur dan terukur untuk peningkatan produktivitas kerja.



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.