K3RS Pekerja Sehat Pelayanan Maksimal

Salah satu tempat yang mempunyai risiko tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan pekerjanya adalah Rumah Sakit. Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, Rumah Sakit merupakan tempat berkumpulnya risiko penyakit menular dan adanya emerging disease perlu menambah kewaspadaan; Kegiatan yang terus menerus 24 jam dan 7 hari seminggu; Adanya berbagai alat teknologi yang memiliki dampak terhadap sekitarnya baik lingkungan dan manusia;  Banyak melibatkan tenaga kerja; Merupakan industri yang bersifat “labour intensive”.

Perlindungan tenaga kerja di rumah sakit baik petugas medis ataupun non medis harus mendapatkan perhatian serius untuk benar-benar dapat terlindungi dari berbagai bahaya kecelakaan dan penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui berbagai media apabila tanpa adanya perlindungan pekerja di Rumah Sakit secara professional.

Kementerian Kesehatan dalam hal ini, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga, Ditjen Kesmas, mempunyai perhatian terhadap berbagai upaya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja di Rumah Sakit, dengan dikeluarkannya Permenkes nomor 70 tahun 2016 tentang Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. Permenkes tersebut mengatur beberapa hal diantaranya adalah: Manajemen Risiko, Pelayanan Kesehatan Kerja bagi SDM RS, Pengelolaan Keselamatan dan Keamanan, Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran, Pengelolaan B3, Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Pencatatan Pelaporan dan pemantauan evaluasi.

Permenkes nomor 70 tahun 2016 diterbitkan untuk menciptakan suasana atau melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan pekerja Rumah Sakit, baik tenaga medis, non medis ataupu berbagai bagian lainnya yang mendapatkan bagian pekerjaan dari Rumah Sakit. Dengan demikian keberhasilan dalam menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja Rumah Sakit pun merupakan peran dari semua pihak yang terlibat didalamnya selain tekad dari pekerja itu sendiri untuk dapat memperhatikan berbagai standard dan pekerjaan yang semestinya atau sesuai dengan persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di di Rumah Sakit. (IM-LGJ)



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.