Kantin Sehat Mendukung Pegawai Kemenkes Sehat dan Produktif

Jakarta, 14 Februari 2017

Telah dilaksanakan Sosialisasi Kantin Sehat di Ruang Rapat Ditjen Kesehatan Masyarakat dengan peserta pemilik gerai dan penjamah makanan sebanyak 60 orang. Sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan untuk pengawasan dan pembinaan Kantin di Kementerian Kesehatan RI.

 

Acara Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.Kes. Pada sambutan pembukaannya drg. Kartini mengatakan bahwa perlu pengawasan makanan yang bertujuan untuk melindungi masyarakat konsumen terhadap kemungkinan makanan yang tidak memenuhi standar persyaratan kesehatan yang dapat merugikan atau membahayakan kesehatan. “Dalam pengelolaan kantin di tempat kerja, harus memperhatikan kaidah keamanan pangan. Dimana keamanan pangandiselenggarakan untuk menjaga pangan tetap aman, higienis, bermutu,bergizi  dan  tidak  bertentangan  dengan  agama,  keyakinan  dan  budaya  masyarakat.  Keamananpangan  dimaksudkan  untuk  mencegah  kemungkinan  cemaran  biologis,  kimia  dan  benda  lain  yang  dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia”, imbuhnya.

Kantin sehat perlu menyediakan makanan dan minuman sehat, bergizi, pengolahannya higienis, sanitasi baik. Selain itu, bahan makanannya tidak mengandung bahan berbahaya seperti pewarna, pengawet, dan penyedap yang berlebihan serta aman untuk dikonsumsi. “Kegiatan Sosialisasi ini perlu terus dilakukan untuk mengingatkan para penjamah makanan untuk tetap menjaga higiene sanitasi pangannya dengan selalu menggunkan APD seperti celemek, topi, sarung tangan, dan masker. Dengan Pembinaan Kantin Sehat di Kantor Kementerian Kesehatan ini diharapkan menjadi pendukung dalam membina pegawai di Kementerian Kesehatan RI yang sehat dan produktif,” ujar drg Kartini di akhir sambutannya.

 

pada acara ini hadir narasumber Bapak Edwin dari Biro Umum yang menyampaikan tentang rencana Finishing Kantin Basement 1 Gedung Sarana Penunjang, dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular yang menyampaikan tentang Penyakit Tidak Menular pada Penjamah Makanan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada penjamah makanan yang dipaparkan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI. (FM)



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.