Lomba Pengucapan "PANCASILA"

Untuk merayakan Bulan Kemerdekaan 17 Agustus 2017, Kementerian Kesehatan pusat mengadakan berbagai lomba yang salah salah satunya adalah lomba mengucapkan teks Pancasila. Lomba ini di selenggarakan di Gedung pertemuan Siwabessy di Gedung Prof. DR. Sujudi, Kemenkes RI pada tanggal 14 Agustus 2017, berlangsung dari jam 9.00 sampai dengan 11.30 WIB. Peserta lomba adalah ASN dan pegawai di Lingkungan Kementerian Kesehatan unit eselon 1, UPT dan RS Vertikal. dengan mengusung tema semangat kebangsaan dan persatuan, di hadiri oleh 13 regu peserta lomba, yaitu Sekretariat Konsil kedokteran Indonesia, BPPSDM, Inspektorat Jenderal (Pria), Inspektorat Jenderal (wanita), RS Jiwa Soeharto Heerdjan, Setditjen P2P, KKP Kelas 1 Tanjung Priok, Setditjen Kesmas, Balitbangkes, RS Sitanala, Sekretariat Jenderal, Ditjen Yankes, Ditjen Farmalkes. Lomba di mulai diawali dengan sambutan dari Ketua panitia dr. Guntur Argana, M.Kes, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Inspektur Jenderal Kemenkes, Drs. Purwadi, Apt, M.M., M.E.

 Pak Itjen menyambut baik adanya penyelenggaraan lomba mengucapkan teks Pancasila yang dapat menggugah semangat nilai-nilai luhur bangsa. “ Di awali dengan mengucapkan Pancasila dengan benar maka kita akan lebih menghayati lalu mengamalkan Pancasila tersebut. Di harapkan ASN akan selalu mempunyai semangat Pancasila dan turut serta menjaga NKRI dari segala rongrongan dari dalam dan luar. ASN akan menjadi inspirasi dan berintegrasi dalam mewujudkan Indonesia sehat tanpa korupsi, “ demikian kata pak Itjen.

Lomba dimulai dengan pemilihan nomor urut peserta oleh perwakilan peserta dan masing-masing menunjukkan nomor urutan tampil. Peserta tampil satu persatu, semua peserta antusias dan bersemangat mempersembahkan semua kemampuan, kekompakkan dan kreatifitasnya. Hal yang akan dinilai dilihat dari aspek intonasi, pemenggalan kalimat, lafal, kelancaran, pernapasan dan penampilan. Untuk juri terdiri dari 3 orang yaitu satu orang dari protokol MK, satu orang dari Pusat Bahasa dan satu orang dari Pusat Determinant Kemenkes.

Akhirnya, pemenang lomba di umumkan untuk juara 1 yaitu KKP Kelas 1 tanjung Priok, Juara 2 yaitu Inspektorat Jenderal (Group ke 2) dan Juara 3 yaitu Setditjen Kesmas. Ketiganya akan mendapatkan piala (acrylic) dan paket buah. Penyerahan piala akan dilaksanakan bertepatan dengan upacara bendera 17 Agustus 2017.

Melihat semangat dan kegigihan peserta mencerminkan semangat ASN di Kementerian kesehatan. Lomba mengucapkan teks Pancasila memberikan warna baru dalam lomba – lomba untuk memperingati hati kemerdekaan di Kemenkes. Di harapkan dari tahun ke tahun lomba mengucapkan teks Pancasila akan menjadi tradisi dan dinantikan oleh segenap ASN di Kementerian Kesehatan. Seperti kata pak Itjen, dimulai dengan mengucapkan teks Pancasila dengan benar, kita akan lebih menghayati dan harus mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Yap, memang dalam maknanya tak sekedar hanya mengucapkan dengan kata- kata. Mari bersama silangkan tangan kanan di dadamu dan katakan, Saya Indonesia.. saya Pancasila.. mari bersatu padu membangun negeri, semangat !! (Murtiah)



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.