Mari Budayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Mulai dari Diri Sendiri

SOSIALISASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

di KEMENTERIAN KOORDINATOR PEMBANGUNAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dicanangkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani pada tanggal 15 November 2017 di Jakarta. Dalam sambutannnya Menko PMK, Puan Maharani mengatakan praktik Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental, GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat.

 

Pekerja perkantoran merupakan bagian masyarakat yang juga harus melaksanakan perilaku hidup sehat selama bekerja. Pekerja kantor umumnya sedentary (kurang gerak) menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di depan layar monitor komputer. Perilaku kerja sedentary (kurang gerak) merupakan faktor risiko penyebab Penyakit tidak menular (hipetensi, kolesterol, cardiovascular disease, dan lain-lain) dan keluhan otot rangka pada pekerja perkantoran. 

Dalam rangka implementasi GERMAS di kantor Menko PMK, Kepala Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan, Sigit Priohutomopada hari Jumat, 3 Februari 2016 melakukan sosialisasi GERMAS bagi karyawan MENKO PMK. Disela-sela kegiatan sosialisasi, Sigit Purnomo mengajak seluruh karyawan untuk melakukan GERMAS mulai dari diri sendiri, dengan melaksanakan tiga hal meliputi: 1. aktifitas fisik; 2. makan sayur dan buah dan 3. cek kesehatan.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti kurang lebih 100 orang karyawan Menko PMK, juga dihadiri oleh Kepala Deputi I, Kepala Deputi II, Kepala Deputi III, Kepala Deputi IV, Kepala Deputi V, dan Kepala Deputi VII.

Rangkaian acara sosialisasi GERMAS didahului oleh senam bersama yang di pimpin oleh instruktur, dilanjutkan dengan sosialisasi senam peregangan dinamis dan peregangan duduk yang di contohkan oleh staf Dit. Kesehatan Kerja dan Olahraga, dan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh karyawan MEnko PMK untuk melaksanakan GERMAS di tempat kerja.

Selesai penandatanganan komitmen, setiap karyawan dipersilahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan sosialisasi GERMAS juga diramaikan dengan pasar buah, sayur, dan ikan. Kegiatan sosialisasi di tutup dengan minum jamu dan makan kacang hijau bersama.

 



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.