PEMBINAAN KESEHATAN NELAYAN TERINTEGRASI DI PROVINSI MALUKU UTARA

Dalam rangka dukungan terhadap program pemerintah yaitu peningkatan kehidupan nelayan, pada tanggal 1 - 2 Juli 2015 Direktorat Bina Kesehatan Kerja dan Olahraga melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi ke Provinsi Maluku Utara. Sasaran dari kegiatan ini adalah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Nusantara Bastiong di Ternate. PPI adalah tempat berlabuh atau bertambatnya perahu/kapal perikanan guna mendapatkan hasil tangkapannya, memuat perbekalan kapal serta sebagai basis kegiatan produksi, pengolahan, pemasaran ikan dan pembinaan masyarakat perikanan (Anonimous).

 

Pada tanggal 2 Juli 2015, PPI Nusantara Bastiong mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi oleh Menteri Kesehatan dalam rangka Kunjungan Kerja sekaligus menghadiri acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dengan tema tema “Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Maluku Utara Melalui Pemantapan Strategi Pembangunan Kesehatan dari Pinggir ke Tengah”. Pada saat kunjungan tersebut dilakukan pelayanan terpadu Posbindu dan Pos UKK kepada nelayan dan keluarga. Menteri Kesehatan juga memberikan dukungan kepada Pos UKK berupa alat pelindung diri bagi nelayan dan penyelam secara simbolis sebagai contoh bagi nelayan dan penyelam untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya penggunaan APD dalam mencegah faktor risiko yang diakibatkan karena pekerjaan.

 

Sebagai informasi, sejak tahun 2014 PPI Bastiong telah memiliki Posbindu dibawah pembinaan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Ternate dan Puskesmas Kalumata. Deteksi Penyakit Tidak Menular yang disertai upaya promotif dan preventif seperti penyuluhan dan konseling dilakukan rutin setiap bulan dengan sasaran adalah nelayan dan keluarga. Pada tahun 2015 melalui pertemuan koordinasi antara Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kota Ternate disepakati untuk membentuk Pos UKK yang diintegrasikan dengan pelayanan Posbindu yang diberi nama “Nelayan Cakalang”.



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.