Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional Tahun 2017

Jakarta (14/8) – Acara Penganugerahan Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional Tahun 2017 telah diselenggarakan pada hari Senin, 14 Agustus 2017 berlokasi di Hotel Grand Sahid Jakarta. Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di puskesmas di 34 Provinsi se Indonesia. Diharapkan dapat meningkatkan minat dan kinerja Nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan profesional pada puskesmas.

Tahun ini, sebanyak 2 orang Nakes Teladan mengangkat topik makalah tentang Pos UKK, yaitu dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Jambi. Salah satu Nakes teladan yang berasal dari NTB adalah Ibu Siti Suryaningsih, SKM, dari PuskesmasDesa Banyumulek, Kecamatan Labuapi, Gerung, Lombok Barat. Ibu Siti menggalakan Pos UKK berlatar belakang dari banyaknya pengerajin gerabah di wilayah kerja puskesmas yang memiliki masalah kesehatan. Pada tahun 2013 dilakukan pemeriksaaan kesehatan kepada pengerajin gerabah yang semuanya adalah wanita, dan hasil yang didapat dari pemeriksaan 57 sampel terdapat 38 positif anemia dan kurang gizi.

Ibu Siti berinisiatif melakukan program untuk menanggulangi masalah kesehatan tersebut dengan mengadakan advokasi menggunakan dana dari puskesmas dan dana desa. Kegiatan berupa advokasi dan pemberdayaan kelompok kerja pengerajin gerabah di Pos UKK, serta pemindahan tempat pembakaran dari dari lingkungan pemukiman ke wilayah pemakaman yang jauh dari rumah penduduk. Setelah melakukan intervensi selama 2 tahun lebih menunjukan tidak adanya lagi gizi buruk pada pengerajin gerabah.

Dengan adanya penghargaan tenaga ksehatan teladan di puskesmas ini diharapkan para nakes selalu melakukan inovasi yang bertujuanuntuk peningkatan kualitas hidup manusia khususnya di bidang kesehatan masyarakat Indonesia. 



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.