PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL KE-57 TAHUN 2017 “Ayo Makan Sayur dan Buah Setiap Hari”

Bertepatan dengan tanggal 25 Januari 2017 puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-57 dilaksanakan di Gedung Siwabessy Kementerian Kesehatan. Penyelenggaraan Workshop Nasional tahun 2017 mengusung tema Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat sebagai bentuk dukungan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Peringatan HGN dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Dr. dr. Nila Djuwita F Moeloek, SPM(K).

Menurut Menkes, pilar pertama program Indonesia sehat adalah upaya mengubah pola pikir masyarakat agar memiliki paradigma sehat. Penerapan paradigma sehat ini dilaksanakan melalui dua upaya yaitu melalui pendekatan keluarga dan upaya lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang tahun 2016-2017 berfokus pada tiga aktivitas utama yaitu melakukan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Menkes menekankan betapa pentingnya konsumsi sayur dan buah, terutama produk lokal secara bervariasi minimal 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap harinya. Sayuran dan buah-buahan di Indonesia banyak sekali macamnya, tetapi banyak masyarakat yang belum memiliki kebiasaan untuk mengonsumsinya, padahal dalam sayur dan buah terdapat zat gizi yang diperlukan tubuh, selain itu dari hasil kajian menunjukkan  bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular dan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

Sesuai dengan tema, workshop menghadirkan narasumber dari lintas sektor dan program serta mitra pembangunan yang membawakan materi diantaranya tentang produksi sayur dan buah nasional, konsumsi sayur dan buah hasil susenas 2017, dan Global Health Survey. Indonesia juga kedatangan Lawrence Haddad,  Direktur Eksekutif The Global Alliance for Improved Nutrition untuk memaparkan hasil dari Global Nutrition Report 2016 yang menggambarkan posisi Indonesia diantara negara ASEAN lainnya serta kemajuan yang telah dicapai terutama untuk penanggulangan masalah gizi.

Sebagai rangkaian dari peringatan HGN 2017, kegiatan Workshop lainnya adalah Expose Hasil PSG 2016, Pengumuman pemenang Lomba Menu MP-ASI untuk Anak 6-11 bulan dan 12-23 bulan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Pergizi Pangan, Lomba Poster Awas Lemak Gula Garam yang diselenggarakan oleh Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak (GKIA) dan pelaksanaan kegiatan peregangan dilakukan pada jam 10.00 WIB  dan jam 14.00 WIB  diarahkan oleh tim Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga dan diikuti oleh seluruh peserta workshop HGN 2017. (LN-Kap)



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.