Seminar Keslingja Industri Dalam Menghadapai Dinamika Iptek & Modernisasi Industri

Jakarta, September 2016: Dalam rangka penyelenggaraan program kesehatan kerja dan olahraga secara bertahap, terpadu dan berkesinambungan berdasarkan kebutuhan masyarakat, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga melakukan seminar hasil Kajian standar dan persyaratan kesehatan lingkungan kerja Industry. Seminar hasil kajian tersebut merupakan suatu upaya dalam melakukan Revisi terhadap Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1405 tahun 2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri. Pentingnya kajian dalam revisi merupakan suatu penyesuaian terhadap dinamika perkembangan pengetahuan dan teknologi industri yang kerap memerlukan perubahan dan menjaga konsistensi agar dapat memberikan kepentingan terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat pekerja.

Kajian kesehatan lingkungan industry ini dilakukan oleh para pakar, akademisi dan praktisi yang ahli di bidang kesehatan kerja dan kesehatan lingkungan kerja, dengan melakukan sistematika review, melakukan pengkajian regulasi dan standar kesehatan lingkungan kerja baik di tingkat nasional dan internasional yang diuji dan diperhitungkan dengan karakteristik bangsa Indonesia, diharapkan dapat menjadi panduan dalam menciptakan kesehatan lingkungan kerja Industri di Indonesia.

Seminar yang mengundang lintas sektor, lintas program, para pakar, akademisi, praktisi dan dunia usaha ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, dr. Untung Suseno, M.Kes. dalam sambutanya dr. Untung Suseno mengusulkan sebuah cara pandang baru dalam kesehatan kerja yang holistic yaitu “Healthy Workplace Model” yang mengabungkan Kesehatan pekerja, promosi kesehatan, keterlibatan perusahaan di masyarakat untuk identifikasi factor social dan lingkungan yang mempegaruhi kesehatan pekerja.

Hal teknis yang diperlukan terkait kesehatan lingkungan kerja industri, dalam sambutannya,  Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.Kes., menyebutkan bahwa persyaratan kesehatan lingkungan kerja industri meliputi: persyaratan faktor fisik, persyaratan faktor biologi, penanganan beban manual dan persyaratan sanitasi lingkungan kerja industri.

Menciptakan kesehatan lingkungan kerja industri bukan hanya tanggung jawab perusahaan, namun lintas sektor, lintas program termasuk di dalamnya para pakar, praktisi dan akademisi dapat berperan dalam tugasnya masing-masing dalam menciptakan kesehatan lingkungan kerja industri. Sehingga dengan terciptanya kesehatan lingkungan industry dan senantiasa dapat membangun masyarakat pekerja sehat, bugar dan produktif. (Subdit lingja, 2016).



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.