TETAP BUGAR DENGAN STRETCHING DI KANTOR

Jakarta, 30 Mei 2016 : Posisi tubuh salah dan cara kerja yang tidak tepat pada saat bekerja akan menimbulkan rasa tidak nyaman/ keluhan dan dapat menjadi menimbulkan masalah kesehatan jika berlangsung lama. Pengaturan posisi tubuh berperan penting dalam mempertahankan kebugaran atau kelenturan otot-otot tubuh. Posisi kerja dan cara kerja yang tidak ergonomis dapat menimbulkan penyakit yang berhubungan dengan otot dan tulang rangka. Bekerja terlalu lama duduk di depan layar komputer dapat menimbulkan rasa nyeri/ sakit terutama pada leher dan punggung akibat kekakuan pada otot-otot tubuh. Untuk melenturkan kembali otot tubuh diperlukan peregangan/ stretching agar tetap bugar selama beraktifitas di kantor.

 

Stretchingmerupakan peregangan otot untuk mengulur, melenturkan atau menambah flexibilitas otot-otot yang dianggap bermasalah saat berada dikantor atau melakukan pekerjaan. Stretching merupakan latihan fisik ringan yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja disaat kita merasakan kekakuan dan rasa nyeri pada tubuh pada saat bekerja.

 

Dalam rangka penerapan dan peningkatan kesehatan kerja dan olahraga di lingkungan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga, mulai senin (16 Mei) seluruh pegawai di Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga melakukan peregangan/ Stretching. Ini merujuk dari Instruksi Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, drg. Kartini Rustandi, M.kes tertanggal 12 Mei 2016 , Nomor. TU.02.06/ B IV/ 893/ 2016, di instruksikan Peregangan/ stretching akan dilaksanakan setiap hari sebanyak 2 (dua) kali yaitu pada pukul 10.00 dan 14.00 WIB di koridor Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga. Seluruh pegawai wajib mengikuti setelah ada aba-aba peregangan bersama dan menghentikan aktivitas kerja selama peregangan bersama berlangsung termasuk pada saat rapat yang dilaksanakan di lingkungan Direktorat kesehatan Kerja dan olah raga.

 

Pelaksanaan stretching dilakukan di koridor direktorat kesehatan kerja dan Olah raga berlangsung sekitar 10 menit yaitu dengan mengikuti instruksi dan gerakan yang dilakukan oleh seorang instruktur dalam rekaman youtube kemudian di lanjuti dengan senam ringan  “penguin”. Ada hal yang menggembirakan sekarang karena dengan adanya kegiatan ini semua pegawai bahkan yang sedang rapat pun akan segera menghentikan aktifitasnya dan segera ambil bagian dalam barisan, semua siap untuk stretching.

 

 

Kegiatan stretching ini merupakan langkah awal di Direktorat Kesehatan kerja dan Olahraga dalam rangka “tetap bugar di kantor” dan akan terus dilaksanakan demi menjaga kebugaran tubuh disaat bekerja di kantor. Diharapkan pegawai yang mempunyai keluhan kekakuan otot dapat hilang sakitnya dan sehat bugar kembali dan pegawai yang tidak ada keluhan akan selalu sehat dan bugar.

 

Tubuh bugar dan sehat merupakan dambaan semua orang tak terkecuali Direktorat kesehatan kerja dan olah raga sebab sungguh telah disadari bahwa tindakan pencegahan jauh lebih hemat, lebih enak dan lebih menyenangkan. Stretching merupakan kegiatan yang murah dan mudah di laksanakan tetapi memerlukan disiplin dan kemauan dalam diri sendiri untuk melaksanakannya. Ayo, lakukan stretching sejak sekarang, tetap bugar selama bekerja di kantor? ITU PERLU! (Murtiah, Jabfung Dit Kesjaor)

 



 

Unit Kerja

Social Media

Link Terkait

Jumlah Pengunjung

.