Orientasi Perlindungan Kesehatan yang Menangani Covid-19

Tahukah kamu? Pada masa pandemi ini, salah satu individu yang paling berisiko terinfeksi Covid-19 adalah mereka yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 yaitu tenaga kesehatan baik medis maupun non medis. Dalam rangka memberikan perlindungan bagi tenaga kesehatan tersebut, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga secara virtual melaksanakan orientasi perlindungan tenaga kesehatan di fasyankes. Orientasi dilaksanakan pada bulan Juni 2020 selama 2 hari dan ditujukan untuk petugas K3, perawat, petugas laboratorium dan tim nusantara sehat di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Orientasi ini memberikan pemahaman kepada peserta mengenai kebijakan pencegahan dan pengendalian Covid-19, kebijakan global pencegahand dan pengendalian Covid-10, manajemen kesehatan kerja di fasyankes, kewaspadaan standar, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 di RT/RW/desa, pelaksanaan manajemen biorisiko di laboratorium dan jaminan kecelakaan kerja bagi tenaga kesehatan yang menangani Covid-19. Orientasi dibuka oleh Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga dilanjutkan dengan paparan materi narasumber dalam bentuk diskusi panel.
Dalam pelaksanaan, Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga bekerjasama dengan organisasi profesi terkait akreditasi sertifikasi profesi. Orientasi yang sudah dilaksanakan ini menarik banyak peserta (bisa dilihat dari jumlah peserta yang mendaftar dan viewer di youtube) dikarenakan materi yang diberikan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan di lapangan dan disampaikan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Diharapkan apabila materi yang sudah diberikan dapat diterapkan, tenaga kesehatan di fasyankes dapat terlindungi dari penularan Covid-19 di tempat kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Gedung dr. M. Adhyatma, MPH Lantai 7 No. 722.Jl. H.R Rasuna Said, Blok X-5 Kav 4-9, Jakarta Selatan, 12950

Telp: (021) 5201590 ext 7909
Fax: (021) 5201590 ext 7909

Flag Counter

Satuan Kerja Terkait: