Skip to content

Practical Steps to Think & Grow Rich (Mengungkap Langkah Rahasia Miliarder Meraih Kekayaan)

Nama              : Selamat Riyadi

Jabatan                        : Pembimbing Kesehatan Kerja Madya Tim Kerja Kesehatan Kerja

1.  Judul                          : Practical Steps to Think & Grow Rich (Mengungkap Langkah Rahasia Miliarder Meraih Kekayaan)

Penulis           : Napoleon Hill

Pengalih Bahasa : Dina Begum

Jenis Buku     : Non Fiksi

Penerbit          : Buana Ilmu Populer

Cetakan I             : 2019

Tebal                          : 322 halaman

 

Sinopsis:

Kesuksesan tampaknya datang dengan mudah bagi sebagian orang. Mereka tinggal di rumah mewah, mengirim anak-anak mereka ke sekolah terbaik, mengendarai mobil mewah, bepergian ke seluruh dunia, dan masih memiliki sumber daya yang tersedia untuk membantu orang yang mereka cintai dan berkontribusi pada komunitas tempat mereka tinggal. Mereka tidak berpendidikan lebih tinggi atau lebih pintar. Mereka tidak bekerja lebih keras. Mereka tidak mengorbankan hidup mereka untuk mencari nafkah; sebaliknya, mereka mendapat lebih dari cukup untuk menikmati hidup mereka sepenuhnya.

John Wanamaker pernah mengatakan bahwa betapa sedikitnya ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah, hampir sama dengan lokomotif modern mendapatkan air, dengan “meraupnya sambal berjalan.” Henry Ford tidak pernah mengenyam bangku kuliah. Penulis bukan sedang berusaha mengecilkan nilai bersekolah, tapi mereka yang menguasai dan menerapkan rahasia itu mencapai status tinggi, mengumpulkan kekayaan, dan bersepakat dengan kehidupan sesuai syarat yang mereka buat, walau pendidikan formal minim.

Buku ini membahas fakta, bukan fiksi. Tujuannya menyampaikan kebenaran universal bisa dipelajari oleh orang yang siap, bukan yang harus dilakukan, melainkan bagaimana cara melakukannya dan menerima dorongan yang dibutuhkan untuk memulai. Semua kisah buku ini menceritakan tentang orang, yang berusaha berpenghasilan cukup bukan hanya bertahan hidup, melainkan membiayai upaya mengejar kebahagiaan, kepuasan, dan ketenangan batin.

Isi buku berupa langkah-langkah untuk mengungkap rahasia meraih kekayaan sebanyak 17 langkah yang dituliskan tidak dalam bab per bab. Mulai dari memanfaatkan kekuatan pikiran. Kenali dan tingkatkan diri, sampai dengan langkah bersikap tekun.

 

Kelebihan buku:

Merupakan jenis tulisan yang membahas tentang fakat berdasarkan data, pengamatan dan pengalaman yang dirumuskan dan dideskripsikan dengan menarik. Buku menarik, dan layak dibaca semua usia, terutama remaja dan dewasa untuk memotivasi dan berisi langkah untuk meraih kesuksesan. Buku asli dalam Bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sehingga dapat dipahami oleh orang awam atau umum dengan mengangkat nilai-nilai moral dan etos kerja yang bersifat universal. Memotivasi pembaca untuk sukses bahwa kesuksesan tidak semata-mata karenanya tingginya pendidikan atau nilai akademik yang tinggi.

 

Kekurangan buku:

Merupakan buku terjemahan sehingga dimungkinkan adanya perbedaan tafsir antara penerjemah dengan yang maksudkan oleh penulis aslinya. Penulisan tidak tersistemtika dalam bab per bab tetapi berupa langkah-langkah dari langkah 1 hingga langkah 17.

 

2.  Judul                      : Teknik Penulisan Ilmiah Populer:

Penulis                   : Slamet Soeseno

Jenis Buku : Non Fiksi

Penerbit                  : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan III : Oktober 1997

Tebal                      : 160 halaman

 

 

 

Sinopsis:

 

Dalam buku ini hendak dijelaskan sejumlah pengertian yang diperlukan untuk menyusun tulisan nonfiksi berisi informasi keilmuan itu, dengan harapan agar pembaca yang berminat dan berniat menulis, tidak salah langkah.

 

Penulisan ilmiah popular menuntut adanya keterampilan khusus dari penulisnya. Keterampilan itu merupakan semacam teknik penulisan yang berbeda dengan cara melaporkan hasil penelitian ilmiah. Juga gayanya, yang meskipun popular namun berlainan dengan gaya penulisan ringan di koran atau majalah hiburan.

 

Buku ini secara bertahap menjelaskan teknik penulisan ilmiah yang populer. Uraian yang dituangkan sebagian besar berasal dari pengalaman penulis, yang sudah menguasai teknik penulisan. Penulis mencurahkan pengalaman dan kemahirannya. Istilah tulisan dipakai untuk menyatakan sebuah karya tulis yang disusun berdasarkan tulisan dan pernyataan gagasan orang lain.

 

Isi buku mencakup pembahasan tentang dasar tulisan, yaitu pengertian dan bentuk tulisan. Selanjutnya diuraikan tentang teori teknis penulisan majalah, persiapan menulis, merangka sari informasi, penulisan naskah kasar, penulisan berita ringan, penulisan feature, artikel, laporan, teknik menulis ulang, dan ilustrasi penyegar tulisan.

 

Kelebihan buku:

 

Buku ditulis berdasarkan pengalaman dan kemahiran di penulisan ilmiah populer. Uraian pada masing-masing bab mudah ditangkap sehingga pembaca dapat mengikuti langkah-langkah penulisan. Penulisan bertolak dari cara menelaah tema, menguji informasi apakah layak ditulis, mengumpulkan bahan, mengkaji kebenarannya, sampai dengan menulis ulang naskah kasar, sehingga berbentuk tulisan yang memikat dan berbobot. Buku ini utamanya ditujukan pada para mahasiswa jurusan komunikasi dan jurusan publistik, agar memperoleh gambaran menyeluruh penulisan artikel, feature, journalism report. Setiap jenis tulisan berisi beberapa contoh. Pembaca awam yang tertarik dalam penulisan sangat layak untuk membaca buku ini.

 

Kekurangan buku:

Buku ini menggunakan metode yang lebih menyarankan pada praktik seperti pelatihan dan apresiasi sastra. Untuk menambah kalitas isi, alangkah lebih baiknya apabila di dalam buku lebih ditambahkan tentang teori, sebagai dasar pengetahuan dan pemahaman serta lebih banyak lagi conoh-contoh.

 

3.  Judul          : Sejarah Peradaban Islam

Penulis       : Drs. Samsul Munir Amin, M.A

Jenis Buku  : Non Fiksi

Penerbit      : Amzah

Cetakan II  : Oktober 2010

Tebal          : 471 Halaman

 

 

 

 

 

Sinopsis:

 

Islam lahir di Arabia pada abad ke-6 M, dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Islam lahir dengan membawa peradaban manusia yang sangat tinggi, mengantarkan masyarakat Arab yang Jahiliah menjadi masyarakat muslim yang memiliki landasan tauhid, yaitu kepercayaan terhadap Tuhan Yang Esa (the faith of unity of God).

 

Pada masa puncaknya Islam telah mampu menguasai peradaban dunia dalam berbagai bidang seperti filsafat, ilmu pengetahuan, teknologi, arsitek, sastra, dan seni bangunan. Sebut saja peradaban Islam di Andalusia Spanyol, Usmani di Turki, Baghdad, Mongol India, Afrika Utara, maupun di Asia Tenggara. Demikian pula peradaban Islam telah memunculkan tokoh-tokoh berkaliber dunia seperti Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Khawarizmi, Ibnu Rusyd (Averros), dan Ibnu Sina (Avicenna) yang berada di belahan dunia Barat, karya-karya mereka dijadikan literatur wajib bagi para pengkaji ilmu pengetahuan.

 

Islam pernah mencapai kejayaan dalam bidang peradaban, bahkan sebelum bangsa Eropa maju, peradaban Islam telah mencapai puncak kejayaannya. Dengan demikian, tidak dapat disangkal bahwa karena peradaban Islam-lah peradaban Eropa telah belajar dari peradaban Islam, khususnya dari peradaban Islam Spanyol. Oleh karena itu, mempelajari sejarah Islam dan peradabannya adalah sesuatu keniscayaan, agar kemajuan peradaban Islam dapat kembali diraih oleh umat Islam.

 

Di bab awal dituliskan tentang pengertian sejarah dan metode sejarah Islam. Kategori buku sejarah Isam ini secara runut dan kompehensif menguraikan tentang sejarah peradaban Islam yang dikelompokkan dalam tiga periodisasi sejarah Islam, yaitu periode klasik, pertengahan dan modern. Selanjutnya diuraikan tentang peradaban dunia sebelum Islam, perkembangan Islam pada masa Nabi Muhammad, masa Khulafaur Rasyidin, masa Dinasti Umayah, Dinasti Abasyiah, peradaban Islam di Andalusia Spanyol, masa Dinasti Safawiyah, masa Dinasti Usmani di Turki, masa Mongol, Perang Salib, Dinasti lain di dunia Islam, pusat-pusat peradaban di dunia Islam, sejarah masuknya Islam dan perkembangannya di Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam di Asia Tenggara, Imperalisme barat terhadap dunai Islam, perlawanan kerajaan-kerajaan Islam Indonesia terhadap Imperialisme, peradaban Islam di Indonesia dan peran organisasi Islam.

 

Kelebihan buku:

Buku ini membahas Sejarah Peradaban Islam sejak awal munculnya Islam di Arabia hingga peradaban Islam kontemporer saat ini di berbagai kawasan dunia Islam. Buku sejarah Peradaban Islam ini penting bagi para mahasiswa perguruan tinggi Islam maupun perguruan tinggi umum lainnya, dan yang ingin mengetahui sejarah peradaban Islam secara komprehensif dan utuh.

 

Kekurangan buku:

Meskipun judulnya tentang sejarah peradaban Islam, namun dalam referensinya tidak banyak menggunakan buku berbahasa Arab, dan justru lebih banyak yang tulis dalam bahasa Inggris dan pencantuman gambar yang terbatas.